Info seputar bisnis online

Dari hari ke hari semakin banyak orang mencari cara untuk menghasilkan uang dari internet. Dan rupanya orang-orang semakin sadar bahwa memiliki pekerjaan dan bekerja 8-12 jam sehari bukanlah cara yang ideal.

Oleh karena itu, blog ini memberikan jalan alternatif untuk memperoleh pendapatan melalui bisnis online seperti blog, menjadi affiliasi atau reseller, jualan ebook sampai forex trading secara online.

Jadi, silakan Anda mengeksplorasi ide-ide Anda melalui blog ini.

5 Langkah Hasilkan Uang Dari Blog

Uang internet dari blog

Sejak peluncuran pertamanya, blog merupakan sarana untuk menuangkan opini dan pikiran, bahkan sebagai catatan harian bagi pemiliknya.Namun, sekarang, blog bukan hanya sekedar catatan harian online.

Blog bukan hanya sarana untuk menyalurkan opini dan pikiran. Akan tetapi, blog juga bisa digunakan sebagai alat pemasaran dan menghasilkan uang dari internet. Ketika anda berselancar di internet, anda akan menemukan begitu banyak orang sukses dengan blog.

Bagi anda yang ingin mendapatkan uang lewat internet, blog bisa jadi salah satu alternatif terbaik. Banyak orang jadi sukses di internet dengan blogging.

Banyak pula diantara mereka, ketika memulai blogging, pada awalnya hanyalah orang biasa.

Mereka menulis di blog secara teratur, mendatangkan banyak pengunjung, kemudian blog mereka semakin ramai dengan pembaca. Akhirnya, sukses hasilkan uang dari internet melalui blog.

Anda pun bisa menghasilkan uang di internet dari blog dengan melakukan lima (5) langkah berikut ini:

1. Tentukan topik blog
 Anda perlu menentukan topik yang akan anda tulis, sebelum membuat sebuah blog. Ada banyak sekali topik yang bisa anda tulis di blog. Namun, sangat disarankan untuk memilih topik yang anda sukai.

Tulis topik yang benar-benar anda minati sehingga anda akan memiliki banyak ide ketika membuat tulisan sesuai topik kesukaan anda.

Mungkin anda memiliki keahlian pada suatu bidang, ini bisa juga jadi topik untuk blog anda. Sebagian besar orang berselancar internet untuk mencari solusi suatu masalah. Anda bisa membantu mereka dengan membagikan pengetahuan, keahlian, dan pengalaman anda kepada mereka.

2. Bangun blog
Anda sudah menentukan topik yang anda sukai untuk blog anda. Langkah selanjutnya adalah membangun blog. Ada dua platform untuk blog. Pertama, menggunakan jasa penyedia blog online seperti blogspot.com atau wordpress.com.

Kedua, menggunakan piranti lunak CMS untuk dipasang melalui server anda sendiri. CMS yang sangat direkomendasikan adalah Wordpress. Banyak blogger sukses menggunakan platform Wordpress.

Selain itu, sebagian besar perusahaan web hosting menyediakan solusi memasang Wordpress dengan mudah dan cepat. Jasa hosting seperti Jagoanhosting.com memberi kemudahan anda menginstall Wordpress dengan mengkilk mouse. Anda tidak perlu ahli dalam bahasa pemrograman kan?

Anda bisa mengunjungi Cafebisnis.com untuk belajar membuat blog dengan Wordpress.

Anda perlu mengeluarkan sedikit uang untuk memulai sebuah blog seperti membayar sewa hosting dan membeli nama domain.

Dan lebih menariknya, anda bisa mengubah tampilan blog anda dengan mengklik mouse anda. Ada ribuan jenis template Wordpress baik yang gratis maupun berbayar di internet.

Namun, jika anda tidak memiliki cukup waktu untuk mempelajari teknik menginstall blog, maka blogspot.com bisa jadi alternatif yang sangat direkomendasikan. Anda bisa membangun blog di blogspot.com dengan lebih mudah dan cepat.

3. Buat konten blog
Blog anda sudah terinstall, sudah saatnya meluncurkannya. Betapa bahagianya anda melihat blog anda tampil di internet. Saatnya mengisi blog dengan konten.

Saran, sebaiknya anda mengisi blog anda paling tidak lima (5) artikel sebelum diluncurkan. Ini dilakukan agar pengunjung menemukan sesuatu yang menarik dari blog anda. Selanjutnya, selalu update blog anda secara teratur.

Pastikan konten yang anda buat asli dan bukan copas alias copy-paste. Tambahkan juga gambar yang sesuai dengan topik agar kelihatan lebih menarik.

4. Promosi blog
Kunci sukses menghasilkan uang internet dari blog adalah promosi. Anda perlu bekerja keras di awal untuk menarik sebanyak mungkin pengunjung dan pembaca.

Ada beberapa cara promosi blog seperti menulis komentar di blog lain, memasukkan blog anda di beberapa direktori blog, menjadi penulis tamu di blog lain, mengikuti forum, dan menulis artikel di berbagai situs direktori artikel.

Jika anda punya anggaran lebih, anda bisa menggunakan jasa Google Adwords untuk menjaring pengunjung yang tertarget.

SEO atau search engine optimization merupakan cara yang mendatangkan pengunjung tertarget secara stabil. Namun, anda perlu waktu yang agak lama untuk mempelajarinya agar memperoleh banyak pengunjung.

Anda perlu promosi blog secara tekun, merawat blog, dan mendatangkan pengunjung. Temukan cara promosi yang paling tepat dan ampuh, gunakan cara tersebut untuk menarik banyak pengunjung secara terus menerus.

5. Hasilkan uang
Ketika blog anda sudah mendatangkan banyak pengunjung, saatnya menghasilkan uang dari internet. Ada banyak pilihan untuk dapatkan uang lewat blog. Pasang iklan Google Adsense bisa jadi salah satu pilihan anda. Daftar gratis di  adsense.google.com. Masukkan kode Adsense di blog anda. Ketika pengunjung mengklik iklan, anda mendapat komisi.

Ada alternatif serupa selain Google Adsense seperti Bidvertiser dan Chitika. Cara lain untuk hasilkan uang internet dari blog anda adalah menawarkan ruang iklan. Anda bisa menjual beberapa tempat untuk banner atau teks link di blog anda. Calon pengiklan yang tertarik akan menghubungi anda. Jika mereka memutuskan untuk beriklan di blog anda, mereka akan membeli ruang yang anda sediakan.

Cara selanjutnya, adalah mengikuti program affiliasi. Pemasaran affiliasi mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama. Namun, potensi untuk menghasilkan uang di internet dengan program affiliasi sangatlah besar. Tangkap daftar kontak pengunjung atau pembaca anda.

Ketika anda memiliki daftar pengunjung dan pembaca yang banyak, anda bisa mulai promosi prosuk affiliasi yang anda wakili. Tulis review produk affiliasi yang anda ikuti. Ketika pengunjung melakukan pembelian dari link anda, anda memperoleh komisi.

1 komentar:

pasang iklan yahoo mengatakan...

trimakasih sobat ilmunya akan ane aplikasikan ,, mudah-mudahan ane sukses seperti gan juga,,,, hehe